Happy Day. Don't Forget to Pray

Semua dalam tahap belajar

The Blue Sky Project video ini saya beri judul seperti itu, karena seseuai dengan nama blog saya. Selain itu saya juga menyukai langit dan warna biru. dalam video yang saya buat saya terinspirasi dari Golden Closet Film in Tokyo. Yaitu film pendek yang dibuat oleh Jungkook BTS. saya membuat ini saat saya pulang kampung dan baru kepikiran di jalan. Saat di tol Banyumanik. niatya saya ingin membuat video dengan tema journey atau perjalanan. selain itu, saya embuat ini juga merupakan tugas mata kuliah Tekknologi Informasi. Semuanya murni buatan saya. Walaupun abal-abalan tapi cukup memuaskan untuk saya.

Terapi Pasien Gagal Ginjal Kronik



TERAPI PADA PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK


   

        Menurut Haryanti & Nisa (2015), Gagal ginjal kronik terjadi karena kerusakan struktur dan fungsional ginjal selama lebih dari 3 bulan dengan LFG kurang dari 60 ml/menit/1,73m2. Selain  itu, laju filtrasi glomerulus (GFR) kurang dari 60 menit per 1,73 m2 luas permukaan tubuh. Pada saat mengalami kerusakan ginjal, pasien dapat mengalami uremia yang membutuhkan berbagai terapi, dan apabila sudah kronik harus melakukan transplantasi ginjal untuk memperpanjang hidupnya. 

Terapi yang dapat dilakukan pada penderita gagal ginjal diantaranya :
1. Terapi konservatif 
    - Pengaturan diet protein
      berfungsi untuk mencegah atau mengurangi azetomia.
   
    - Diet kalium
      diet kalium untuk mencegah terjadinya hiperkalemi yang membahayakan pasien
      
    - Diet kalori
      untuk menambah energi pasien gagal ginjal yang sering mangalami malnutrisi
    - Pengaturan kebutuhan cairan seperti, mineral, dan elektrolit
      berguna untuk mengurangi kelebihan beban sirkulasi dan intoksikasi cairan

2. Terapi kognitif
    - Pasien memiliki pola pikir yang positif dalam menerima penyakitnya
       

    - Mampu beradaptasi dengan penyakit kroniknya.
       

    - Mengatasi masalah harga diri rendah, kondisi putus asa yang dialami.
       

    - Meningkatkan kualitas hidupnya dan mengatasi gejala depresi.
       

3. Terapi ACE inhibitor 
    Angiotensin-converting enzyme (ACE) inhibitor merupakan salah satu jenis obat yang biasa 
    digunakan oleh penderita penyakit ginjal untuk meredakan tekanan darah tinggi. Karena orang 
    penderita gagal ginjal sering mengalami hipertensi.

4. Hemodialisis
    Terapi pengganti ginjal yaitu terapi yang melakukan tindakan cuci darah yang disebut    
    Haemodialisa. Tindakan haemodialisis ini berfungsi untuk menggantikan fungsi ginjal yang rusak.
 


Semua terapi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup pasien penderita gagal ginjal kronik. Agar mereka terus berkeinginan untuk sembuh dan pulih kembali. Selain itu, semua terapi ini berfungsi untuk mengembalikan rasa percaya diri pasien gagal ginjal kronik, dan membuat tubuh mereka pulih sedikit demi sedikit. Namun ketergantungan dalam tindakan ini dapat mengakibatkan terjadinya perubahan dalam kehidupan pasien gagal ginjal kronik.



DAFTAR PUSTAKA

Haryanti, I. A., P., & Nisa, K. 2015. Terapi Konservatif dan Terapi Pengganti Ginjal sebagai Penatalaksanaan pada Gagal Ginjal Kronik. Jurnal Majority. 4(7), 49-53.

Khan, M., A., H., Ahmed, S., S., Laila, T., R. 2015. Treatment and Prevention of Common Complications of Chronic Kidney Disease. Journal Enam Med Col. 4(1), 45-55.

Madore, F., Brophy, J., Cardinal, H.,  M., Boyer, L., Joseph, L.,  Bogaty, P. 2010. Therapeutic Management in Patients with Renal Failure who Experience an Acute Coronary Syndrome. Clinical Journal of the American Society of Nephrology. 5, 87-94.

Rochmawati, D., H., Purnomo., Yulianti, R. 2015. Pengaruh Cognitive Pada Pasien Gagal Ginjal Kronik Di SMC RS Telogorejo. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan, 2(3), 123-133.

Atala, A., Yoo, J.,  J., Salem, W. 2017. Selective Cell Therapy For The Treatment of Renal Failure. 20-28.

    




Nah itu semua adalah artikel yang saya telah resume dan telah mendaptkan revisi dari dosen saya. Semoga bermanfaat kawan-kawan.

Jangan lupa comment dan follow ya☺☺☺



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Semua dalam tahap belajar

Berkenalan dengan "Self Injury"

EUPHORIA