Happy Day. Don't Forget to Pray

Semua dalam tahap belajar

The Blue Sky Project video ini saya beri judul seperti itu, karena seseuai dengan nama blog saya. Selain itu saya juga menyukai langit dan warna biru. dalam video yang saya buat saya terinspirasi dari Golden Closet Film in Tokyo. Yaitu film pendek yang dibuat oleh Jungkook BTS. saya membuat ini saat saya pulang kampung dan baru kepikiran di jalan. Saat di tol Banyumanik. niatya saya ingin membuat video dengan tema journey atau perjalanan. selain itu, saya embuat ini juga merupakan tugas mata kuliah Tekknologi Informasi. Semuanya murni buatan saya. Walaupun abal-abalan tapi cukup memuaskan untuk saya.

Senam Untuk Ibu Hamil








Gerakan senam hamil yang tepat tentu dapat memberi pengaruh positif untuk ibu hamil, yang salah satunya adalah sebagai latihan mengatur pernapasan saat proses melahirkan. Adapun senam hamil bisa dilakukan sendiri atau bergabung dengan komunitas senam ibu hamil. Keuntungan senam hamil bersama-sama adalah, anda dapat menyesuaikan fisik kehamilan seperti nyeri saat persalinan.
Senam hamil yang tepat juga mampu mengurangi lebam yang umum terjadi pada persendian ibu hamil. Manfaat senam hamil selain untuk Kesehatan Ibu Hamil yang lain adalah menciptakan kondisi rileks, mengatasi kecemasan dan mengurangi resiko stress. Agar didapatkan hasil yang maksimal anda bisa mengikuti gerakan senam ibu hamil, sebagai berikut:

Senam Kegel
senam perenggangan dan bertujuan menguatkan panggul ibu hamil karena dapat melatih dan menguatkan otot-otot dasar panggul untuk persalinan lebih mudah. Senam Kagel juga dapat melatih otot di sekitar uretra, kandung kemih, rektum dan rahim. Gerakan Senam Kagel dapat dilakukan ketika sedang duduk maupun berdiri, dengan durasi berkisar 3-10 detik, dan diulangi latihan 4 kali dalam satu hari.



Jalan Kaki dapat mengurangi waktu persalinan, dan sebaiknya mulai dilakukan trimester ketiga karena dapat membantu posisi bayi agar masuk ke jalur lahir. 
senam ibu hamil - jalan kaki

Senam Jongkok
dimulai dengan posisi punggung lurus (berdiri) dan secara perlahan menurunkan badan sampai posisi jongkok, tahan posisi jongkok hingga 10 detik dan kembali ke posisi berdiri. Ulangi gerakan Senam Jongkok beberapa kali sehari dengan tujuan memperkuat otot paha dan perenggangan otot panggul sehingga lebih memudahkan persalinan.


Miringkan panggul 
dapat meningkatkan kekuatan otot perut dan meredakan sakit pinggang terutama pada usia kehamilan trimester ketiga. Gerakan Senam Hamil ini dimulai dengan posisi merangkak dengan kepala sejajar punggung. Selanjutnya tengadah kepala ke atas sambil menarik nafas dan melepas nafas. Lakukan dengan santai dengan diulang beberapa kali sehari.



Pose Tailor atau disebut pose kupu-kupu dalam yoga 
 gerakan senam hamil dengan duduk di lantai dan punggung lurus. Kedua telapak kaki saling menyentuh rapat dan dorong lutut ke arah bawah hingga menyentuh lantai. Lakukan gerakan ini 10-20 detik dan ulangi beberapa kali sehari, untuk melatih otot paha menghilangkan stres punggung bawah. 



Berbaring Rileks 
dengan posisi kaki lurus menumpu pada dinding dan posisi kedua tangan menyamping dan telapak tangan menghadap keatas. Anda bisa sambil memejamkan mata dan tarik napas secara perlahan hingga ibu hamil didapatkan ketenangan.



Ringkasan:
  • Senam hamil yang tepat akan memberi pengaruh positif, yang dapat membantu mempercepat proses persalinan,
  • Manfaat senam hamil untuk ibu hamil adalah mengurangi kecemasan menjelang persalinan, dan stress,
  • Contoh Gerakan Senam Hamil adalah Senam Kegel, Jalan Kaki, Senam Jongkok, Miringkan panggul, Pose Tailor, Berbaring Rileks.



Sumber :
http://tips-sehat-keluarga-bunda.blogspot.com/2014/05/6-gerakan-senam-hamil-untuk-persalinan.html

https://id.theasianparent.com/5-macam-senam-ibu-hamil-untuk-memudahkan-persalinan-3/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Semua dalam tahap belajar

EUPHORIA